DRG. PUTIH SARI DORONG PEMDA BEKASI UNTUK ATASI MASALAH AIR BERSIH

DRG. PUTIH SARI DORONG PEMDA BEKASI UNTUK ATASI MASALAH AIR BERSIH CIKARANG PUSAT - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI drg. Putih Sari mendesak Pe...

DRG. PUTIH SARI DORONG PEMDA BEKASI UNTUK ATASI MASALAH AIR BERSIH



CIKARANG PUSAT - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI drg. Putih Sari mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, khususnya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk mengatasi masalah kelangkaan air bersih di wilayahnya yang dilanda kekeringan parah. Menurut dia, lagkah pemda tidak hanya mendistribusikan air bersih, tapi juga memberikan subsidi kepada warga miskin yang tak mampu untuk memasang instalasi PAM di rumahnya. 

 



"Masalahnya instalasi PAM ke rumah-rumah warga di Cibarusah belum ada. Kalau warga dibebani dengan biaya pemasangan yang sekitar 1,5juta banyak yang gak mampu. Jadi harus ada subsidi dari pemerintah daerah. Karena sebagian besar warga Cibarusah mata pencaharianya bertani dan berdagang yg hidupnya pas-pasan," ujar Putih Sari anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra ini saat memberikan bantuan air bersih di Kecamatan Cibarusah, pada Jumat, (23/08/2019).



Tidak hanya itu, PDAM juga perlu menyiapkan infrastruktur dan stasiun air supaya daerah-daerah yang rawan terjadi kekeringan mendapat akses air bersih secara berkelanjutan.




"Selama ini kita sudah tahu sejumlah daerah yang seringkali dilanda kekeringan yang parah pada musim kemarau, semestinya PDAM sudah mengantisipasi masalah itu. Pemberian air bersih perlu dilakukan, tapi untuk jangka panjang Pemda dan PDAM perlu membangun jaringan instalasi air bersih dan stasiun air ke daerah-daerah yang langganan kekeringan tiap tahun sehingga warga setempat bisa menikmati air bersih pada musim kemarau yang panjang seperti sekarang ini," kata anggota DPR RI Fraksi partai Gerindra dari Dapil Jabar VII ini. 



Putih Sari juga meminta Pemda Bekasi untuk segera membuat PAM terhadap masyarakat setempat, untuk meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk cakupan jaringan air.

Sejauh ini upaya penanggulangan dengan cara mengirimkan air bersih sudah tidak lagi efektif karena kekeringan telah meluas. PDAM sudah tidak bisa menjangkau seluruh wilayah yang dilanda kekeringan parah. Karena itulah kelangkaan air bersih menjadi masalah setiap tahun di musim kemarau yang panjang," tuturnya.  

Menurut Putih Sari, air bersih merupakan kebutuhan yang vital bagi kehidupan dan kesehatan masyarakat. Apabila asupan air mencukupi, hal ini dapat membantu agar distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh dapat memperbaiki diri dengan baik. 



"Dengan minum air sesuai anjuran, akan meringankan kerja organ-organ tubuh  sehingga dapat membantu kita terhindar dari penyakit seperti ginjal dan hati," jelasnya. 



Musim kemarau yang panjang pada tahun ini membuat sejumlah daerah dilanda kekeringan yang parah. Salah satunya terjadi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kekeringan kini tidak hanya melanda wilayah Cibarusah, namun meluas hingga Cikarang Selatan. 



"Semenjak musim kemarau, warga kesulitan mendapatkan air bersih karena sumur di rumahnya mengering dan bantuan air bersih dari pemerintah daerah setempat sangat terbatas," ucap dia. 

Terang dia, kekeringan terjadi karena kandungan air di dalam tanah tidak mencukupi. Bahkan, untuk memperoleh air, pengeboran sumur harus mencapai kedalaman 150 meter. Karena di wilayah tersebut belum terpasang jaringan air, maka pemasangan pun memerlukan biaya besar. Masalah inilah yang membuat drg. Putih Sari merasa tergerak untuk membantu warga desa yang kesulitan mendapatkan akses air bersih. Bantuan air bersih disalurkan drg. Putih Sari di beberapa desa Kecamatan Cibarusah. Sebanyak 1 tangki dengan kapasitas 8.000 liter air bersih perdesa pun diberikannya kepada warga yang benar-benar membutuhkan. 

"Sebab selama musim kemarau ini mereka terpaksa membeli air bersih dari pedagang, yang menjajakan keliling desa dengan harga yang cukup mahal," katanya. 

Dikatakan dia, warga pun mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan air bersih ini. Sebab selama musim kemarau ini mereka harus mengeluarkan uang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Baik untuk minum dan memasak maupun untuk kebutuhan lainnya seperti mandi, membersihkan perabot rumah dan minuman ternak. (***)

COMMENTS

Name

Berita Bandung,1,Berita Bekasi,3,Berita Cilacap,1,Berita Daerah,1,Berita Kabupaten Bekasi,364,Berita Kecamatan Cikarang Barat,1,Berita Kerawang,2,Berita Nasional,1,Berita Pendidikan,1,Berita Politik,1,Berita Video,1,Iklan Perizinan,1,Kebudayaan,1,Kota Bekasi,3,Redaksi,2,Redaksi HBINews,1,
ltr
item
HBI NEWS: DRG. PUTIH SARI DORONG PEMDA BEKASI UNTUK ATASI MASALAH AIR BERSIH
DRG. PUTIH SARI DORONG PEMDA BEKASI UNTUK ATASI MASALAH AIR BERSIH
https://lh3.googleusercontent.com/-8BHhSCeQWsU/XWFQsP3Gi3I/AAAAAAAAGyE/XpBYtvTo1TI2sYfzktHk3EPzjWNqe-bpQCLcBGAs/s1600/IMG_1839.JPG
https://lh3.googleusercontent.com/-8BHhSCeQWsU/XWFQsP3Gi3I/AAAAAAAAGyE/XpBYtvTo1TI2sYfzktHk3EPzjWNqe-bpQCLcBGAs/s72-c/IMG_1839.JPG
HBI NEWS
http://www.harianberitaindonesia.co.id/2019/08/drg-putih-sari-dorong-pemda-bekasi.html
http://www.harianberitaindonesia.co.id/
http://www.harianberitaindonesia.co.id/
http://www.harianberitaindonesia.co.id/2019/08/drg-putih-sari-dorong-pemda-bekasi.html
true
4206496469098066606
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy